Artikel

SISTEM KEUANGAN DESA (SISKEUDES)

10 September 2017  Administrator  78 Kali Dibaca 

APLIKASI SISTEM  KEUANGAN DESA (SISKEUDES)   
Dikeluarkan oleh Deputi Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah - BPKP dalam rangka Pendidikan dan Pelatihan Pengelolaan Keuangan Desa bagi pegawai di lingkungan BPKP   
Edisi Pertama :  Januari 2016 Edisi Kedua :  Februari 2016      
DEPUTI BIDANG PENGAWASAN PENYELENGGARAAN KEUANGAN DAERAH BADAN PENGAWASAN KEUANGAN DAN PEMBANGUNAN JL. Pramuka Nomor 33, Jakarta Timur Telepon  : (021) 8584863,  Fax.    : (021) 85910302 Surat elektronik : satgas.desa@gmail.com     
Dilarang keras mengutip, menjiplak, atau menggandakan sebagian atau seluruh isi modul ini, serta memperjualbelikan tanpa izin tertulis dari Deputi Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah - BPKP
Modul # 4 : Aplikasi Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES)   
   i   
KATA PENGANTAR  
Dengan disahkannya UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, desa diberikan kesempatan yang besar untuk mengurus tata pemerintahannya sendiri serta pelaksanaan pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat desa. Begitu besar peran yang diterima oleh desa, tentunya disertai dengan tanggung jawab yang besar pula. Oleh karena itu pemerintah desa harus bisa menerapkan prinsip akuntabilitas dalam tata pemerintahannya, dimana semua akhir kegiatan penyelenggaraan pemerintahan desa harus dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat desa sesuai dengan ketentuan. Peran  dan  fungsi  aparat  pengawasan  intern  pemerintah  (APIP) khususnya BPKP dalam  rangka  membantu  pemerintah desa diantaranya melakukan pengawalan dalam pemberian bimbingan dan konsultasi terkait pengelolaan keuangan desa. Untuk bisa melaksanakan bimbingan dimaksud, diperlukan peningkatan pengetahuan dan keterampilan para auditor mengenai pengelolaan keuangan desa.  
Untuk mencapai tujuan di atas, BPKP telah menerbitkan Petunjuk Pelaksanaan Bimbingan dan Konsultasi Pengelolaan Keuangan Desa pada Bulan April 2015. Selanjutnya seiring perubahan regulasi yang ada dan juga untuk memenuhi materi pembelajaran pada Diklat Pengelolaan Keuangan Desa maka disusunlah Modul Pengelolaan Keuangan Desa #4: Aplikasi Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES) sebagai salah satu dari 4 (empat) modul yaitu: 1) Modul #1: Kebijakan Pengawalan BPKP dan Regulasi Keuangan Desa; 2) Modul #2: Gambaran Umum, Perencanaan dan Penganggaran Keuangan Desa; 3) Modul #3: Pelaksanaan, Pelaporan dan Pertanggungjawaban Keuangan Desa; dan 4) Modul #4: Aplikasi Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES). Modul ini diharapkan dapat digunakan juga dalam pemberian bimbingan maupun konsultasi kepada pemerintah desa dalam peningkatan kualitas akuntabilitas keuangan desa maupun kepada pemerintah daerah yang mempunyai peran pembinaan dan pengawasan tata kelola penyelenggaraan tugas dan fungsi pemerintah desa.     
11
Kami menyadari modul ini masih jauh dari sempurna dan masih terbuka peluang
untuk terus mengalami penyesuaian, diantaranya karena munculnya peraturan baru
ataupun revisi peraturan. Oleh karena itu kritik dan saran kami harapkan bagi
penyempurnaanpada masa mendatang. Akhimya kami mengucapkanterima kasih kepada
semuapihakyang telah memberikankontribusiatas terwujudnya modul ini.
Modal' 4 : ApliuBi Sistem Keuangan De.. (SISKEUDES)
Modul # 4 : Aplikasi Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES)   
   iii   
DAFTAR ISI  
Hal
Kata Pengantar i Daftar Isi ii  
Bab I SYSTEM REQUIREMENT SISKEUDES 1  A. Operating System dan Perangkat Keras 1  B. Setting Konfigurasi Komputer 1  C. Database dan Koneksi Data SISKEUDES 2  D. Parameter dan Tools 2  
Bab II MODUL PELATIHAN PERENCANAAN DAN PENGANGGARAN 7  A. Persiapan Pelatihan 7  B. Pelatihan Perencanaan 8  C. Bahan Latihan Penganggaran Menggunakan Aplikasi Siskeudes 14  D. Ekspor Data APB Desa 30  
Bab III MODUL PELATIHAN PENATAUSAHAAN  31  A. Persiapan Penatausahaan 31  B. Bahan Latihan Penatausahaan Aplikasi SISKEUDES 32  
Bab IV MODUL PELATIHAN PEMBUKUAN 43  
Daftar Pustaka 44   Tim Penyusun 46  
Modul # 4 : Aplikasi Sistem Keuangan  Desa (SISKEUDES)   
1     
BAB  I SYSTEM REQUIREMENT SISKEUDES   
A. OPERATING SYSTEM DAN PERANGKAT KERAS Aplikasi SISKEUDES (d/h Simda Desa) berjalan pada operating system Windows dan dapat berjalan dengan baik pada WindowsXP, Windows7 dan Windows8. Sistem operasi komputer selain Windows tidak dapat digunakan untuk implementasi SISKEUDES.
Kebutuhan perangkat keras komputer untuk aplikasi SISKEUDES minimal Intel Celeron 1,5Ghz dengan memori RAM 1 Gb dan ruang hardisk kosong yang tersisa minimum 10Gb. Persyaratan ini adalah persyaratan minimum dan bila disediakan spesifikasi melebihi standar lebih disarankan.  
B. SETTING KONFIGURASI KOMPUTER
Sehubungan dengan adanya kalkulasi perhitungan pada periode tertentu dan parameter yang berhubungan dengan tanggal komputer, setting konfigurasi kalender pada control panel windows harus disetting dengan format tanggal menurut format yang berlaku di Indonesia yaitu “dd/mm/yyyy”. Format kalender komputer yang tidak sesuai menyebabkan error pada saat preview laporan dan perhitungan tidak akurat.  
C. DATABASE DAN KONEKSI DATA SISKEUDES Aplikasi SISKEUDES ini menggunakan database Microsoft Acces s sehingga lebih portable dan mudah diterapkan oleh pengguna aplikasi yang awam sekalipun. Secara teknis transaksi keuangan desa termasuk dalam kelompok skala kecil, sehingga lebih tepat ditangani secara mudah dengan database acce s s ini. Penggunaan aplikasi dengan menggunakan database SQLServer hanya dikhususkan untuk tujuan tertentu atau volume transaksi sudah masuk dalam kategori skala menengah.
Pada inteface koneksi data tersedia 2 pilihan opsi koneksi, via ODBC ( Open Database Connectivity ) atau Direct Acce s s . Dengan koneksi via ODBC, aplikasi keuangan desa melakukan pembacaan data tidak secara langsung ke D riv e r M s A c c e s akan tetapi
Modul # 4 : Aplikasi Sistem Keuangan  Desa (SISKEUDES)   
2    
menggunakan mesin ODBC pada sistem operasi windows. Sedangkan
Dir e c t A c c e s s pembacaan file langsung dilakukan pada file database yang bersangkutan.
Penggunaan opsi koneksi ODBC mengharuskan sistem komputer terinstall Microsoft Jet OleDB 4.0 pada Microsoft Office 2000-2003. Sehingga untuk komputer yang tidak terinstall Microsoft Office 2003 tidak dapat menggunakan fitur ini. Apabila ingin tetap menggunakan fitur ini adalah dengan cara menambahkan aplikasi Microsoft Office Access 2003 atau menambahkan acces s database engine .
Secara teknis penggunaan opsi via ODBC lebih disarankan dan lebih menjamin keamanan data dari kerusakan ( corrupt ) dan dapat digunakan pada mode multiuser dengan cara melakukan sharing folder database “Data APB Desa2016.mde”.
Penggunaan opsi Direct Access membuat aplikasi langsung melakukan pembacaan file pada database keuangan desa. Opsi ini digunakan apabila dalam komputer tidak tersedia Microsoft Jet Oledb4.0 untuk “*.mdb” pada komputer yang hanya terinstall Microsoft Office2007, 2010 atau 2013. Penggunaan opsi ini tidak disarankan karena pada kondisi tertentu, seperti komputer lambat, low memory atau komputer terinfeksi virus dapat membuat database rusak atau corrupts . Penggunaan opsi ini hanya untuk single user atau dengan kata lain hanya untuk komputer PC atau Laptop secara stand alone (tidak menggunakan jaringan).
Penggunaan aplikasi dengan mode OCBC lebih disarankan bila dibandingkan dengan mode Direct Access demi keamanan data. Untuk komputer yang sudah terlanjut terpasang Microsoft Office 2007 s.d 2013 agar menambahkan Microsoft Office Access 2003 sehingga dapat menggunakan fitur ODBC.  
D. PARAMETER DAN TOOLS
1. Parameter Pemda Pada parameter data umum pemda terdiri dari dua digit kode provinsi dan dua digit kode kabupaten. Kode provinsi dan kode kabupaten dibakukan sesuai Permendagri Nomor 56 Tahun 2015 tentang Kode dan Data Wilayah Administrasi Pemerintahan. Kode provinsi dan kabupaten pada data umum pemda sudah default pada saat pemberian SML nama pemda. Kode ini juga berlaku sebagai pengunci aplikasi sehingga tidak dapat dipertukarkan antar pemda. Kode ini merupakan kode unik
Modul # 4 : Aplikasi Sistem Keuangan  Desa (SISKEUDES)   
3    
yang nantinya akan dijadikan kode untuk kompilasi data nasional yang saat ini masih dalam tahap pengembangan.
2. Parameter Kode Kecamatan dan Desa
Kode kecamatan dan desa terdiri dari dua digit kode kecamatan dan dua digit kode desa dengan format “00.00.” Kode kecamatan dan desa yang diregistrasi pada aplikasi SISKEUDES didasarkan Permendagri Nomor 56 Tahun 2015 tentang Kode dan Data Wilayah Administrasi Pemerintahan. Kode kecamatan  dan desa dimasukkan sesuai dengan urutan yang ada dalam Permendagri tersebut. Data kelurahan tidak perlu dimasukkan dalam aplikasi karena secara teknis wilayah kelurahan tidak masuk dalam lingkup aplikasi ini.
3. Parameter Rekening APB Desa
Kode rekening APB Desa terdiri dari 4 level yang terdiri dari : (a) Akun, (b) Kelompok, (c) Jenis dan (d) Obyek. Kode rekening APB Desa level 1 s.d 3 sudah dibakukan sesuai dengan Permendagri 113 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Keuangan Desa. Sedangkan kode rekening APB Desa pada level 4 disusun sesuai dengan kebutuhan daerah/desa dengan memperhatikan Permendagri Nomor 113 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Keuangan Desa.
Kode rekening pada level 4 pada aplikasi adalah kode rekening default yang disusun berdasarkan modul Bimkon yang diterbitkan Deputi PPKD BPKP. Kode rekening tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan daerah. Masing-masing Pemda dapat melakukan perubahan rekening tersebut dan dibakukan melalui Peraturan Kepala Daerah yang mengatur tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Desa.  
Perubahan kode rekening per desa pada aplikasi SISKEUDES tidak diperbolehkan dan harus dibakukan sama untuk satu pemda tertentu. Pembakuan ini berhubungan dengan adanya kompilasi data APB Desa pada tingkat Kabupaten/Kota yang membutukan bagan akun standar rekening APB Desa. Penambahan kode rekening yang tidak dibakukan atau dibuat secara parsial akan menyebabkan kegagalan perhitungan data pada saat dikompilasi pada tingkat kabupaten/kota. Kode rekening yang tidak terdaftar tidak akan terjumlah pada saat data dikompilasi walaupun dapat di ekspor impor data. Terkait penyusunan Laporan Kekayaan Milik Desa, terhadap penambahan rekening belanja khususnya belanja modal agar dilakukan Mapping Korolari Aset pada menu Parameter.
Modul # 4 : Aplikasi Sistem Keuangan  Desa (SISKEUDES)   
4     
4. Parameter Bidang dan Kegiatan
Parameter Bidang dan kegiatan terdiri dari dua digit kode bidang dan dua digit kode kegiatan dengan format “00.00.”. Kode bidang diisi dengan dua digit kode bidang kewenangan yang dilimpahkan ke desa sesuai UU Nomor 6 Tahun 2014. Sesuai undang-undang tersebut, bidang kewenangan yang dilimpahkan ke desa meliputi : 01 Bidang Penyelenggaraan Pemerintah Desa ; 02 Bidang Pelaksanaan Pembangunan Desa ; 03 Bidang Pembinaan Kemasyarakatan ; 04 Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa ; dan 05 Bidang Tidak Terduga.
Parameter kode kegiatan yang boleh dilaksanakan oleh desa dibakukan sesuai dengan yang berlaku di pemerintah daerah yang bersangkutan. Kode kegiatan disusun berdasarkan kebutuhan yang ada, dirumuskan oleh SKPD Teknis yang berhubungan dengan desa dan dibakukan dalam Peraturan Kepala Daerah yang mengatur mengenai pedoman pengelolaan keuangan desa atau Peraturan Kepala Daerah yang mengatur mengenai pedoman penyusunan  APB Desa.  
Penyusunan daftar kegiatan yang boleh dilaksanakan oleh desa disesuaikan dengan bidang kewenangan dan tetap memperhatikan peraturan yang lebih tinggi, seperti Permendes PDTT, PermenKeu dan Permendagri yang mengatur masalah keuangan desa.
5. Parameter Kode Sumber Dana
Parameter kode sumber dana pada aplikasi SISKEUDES terdiri dari tiga digit huruf dengan format “AAA”. Kode sumber dana dalam aplikasi adalah kode baku yang terdiri dari 8 (delapan) sumber dana yang masuk ke desa atau yang ada di desa, yakni: (1) PAD - Pendapatan Asli Desa (2) ADD – Alokasi Dana Desa, (3) DDS – Dana Desa, (4) PBH – Penerimaan Bagi Hasil Pajak Retribusi, (5) PBP – Penerimaan Bantuan Keuangan Provinsi, (6) PBK – Penerimaan Bantuan Keuangan Kabupaten, dan (7) SWD - Swadaya, (8) DLL – Dana Lain-lain.   
Modul # 4 : Aplikasi Sistem Keuangan  Desa (SISKEUDES)   
5    
Bila ada sumber dana yang belum diregister ke dalam sistem agar dimasukkan terlebih dahulu ke kode DLL, kemudian diinformasikan kepada tim pengembang aplikasi agar dapat dipertimbangkan untuk ditambahkan ke aplikasi SISKEUDES.
Sebagai catatan, untuk SiLPA menggunakan sumber dana sesuai asal SiLPA tersebut, misalnya SiLPA yang berasal dari sisa Alokasi Dana Desa maka sumber dananya menggunakan ADD – Alokasi Dana Desa.
6. Parameter Standar Satuan Harga
Parameter standar satuan harga digunakan untuk referensi harga satuan pada saat penyusunan RAB. Parameter standar satuan harga ini disusun pada tingkat kabupaten/kota dan dimasukkan ke dalam aplikasi sebelum didistribusikan ke desa.
Parameter standar satuan harga bersifat sebagai referensi dalam arti dapat digunakan sebagai acuan dan tidak dikunci satuan harganya persis seperti yang ada dalam standar. Hal ini mengingat varian dan kondisi geografis lokasi desa yang mungkin menyebabkan harga barang dalam satu area berbeda dengan harga barang pada area lainnya. Operator desa masih dapat mengganti harga satuannya sesaat sebelum data disimpan.
Pemilihan harga satuan sesuai standar disediakan dalam bentuk tombol SBU pada form entrian RAB. Fitur ini dapat dinon aktifkan melalui menu Tools - Setting Otomasi. Bila tidak dipergunakan administrator kabupaten/kota agar mematikan fitur ini sehingga tidak membingungkan petugas operator desa.
7. Parameter Belanja Operasional
Parameter mapping belanja operasional digunakan untuk meregister kegiatan yang masuk dalam kelompok belanja operasional sebagaimana dimaksud dalam PP 43 Tahun 2014 jo PP 47 Tahun 2015 pasal 100 huruf b. Kegiatan yang diregister dalam parameter ini akan dikelompokkan sebagai belanja operasional dan dihitung porsinya dari total  APB Desa.
Aplikasi tidak melakukan penguncian posting data  APB Desa apabila terjadi pelampuan belanja operasional diatas 30% sebagaimana dimaksud dalam PP 43 Tahun 2014 jo PP 47 Tahun 2015 Pasal 100. Aplikasi hanya memberikan informasi terjadi pelampuan porsi belanja operasional  APB Desa > 30% pada saat akan diposting.
Modul # 4 : Aplikasi Sistem Keuangan  Desa (SISKEUDES)   
6     
8. Parameter Mapping Korolari
Parameter korolari digunakan untuk mencatat kapitalisasi belanja modal ke dalam aset secara otomatis. Kode rekening belanja modal yang menghasilkan aset secara otomatis akan menambah nilai aset pada laporan kekayaan milik desa. Jika ada penambahan kode rekening Belanja Modal maka lakukan mapping Korolari secara manual sesuai jenis aset tetap yang akan dihasilkan.  
9. Parameter Rekening Kas Desa
Parameter rekening kas desa digunakan untuk meregistrasi nomor rekening dan nama bank dimana uang kas desa ditempatkan. Sesuai dengan kebijakan single account , hanya satu rekening bank yang dapat diregistrasi dalam aplikasi SISKEUDES. Jika desa memiliki lebih dari satu rekening maka hanya satu rekening kas yang diakui sebagai rekening kas desa, sedangkan rekening lainnya dianggap sebagai rekening temporer atau rekening penampungan sementara.  
Modul # 4 :  Aplikasi Sistem Keuangan  Desa (SISKEUDES)   
7     
BAB  II MODUL PELATIHAN PERENCANAAN DAN PENGANGGARAN   
A.  PERSIAPAN PELATIHAN  1. Install Aplikasi Sistem Keuangan Desa
Cara untuk melakukan install aplikasi dan pemasangan database Sistem Keuangan Desa dapat dilihat pada Manual Pengoperasian Aplikasi Keuangan Desa.
2. Setting Configuration
 Setelah melakukan install aplikasi dan pemasangan database, langkah berikutnya adalah melakukan setting configurasi agar aplikasi siap untuk digunakan. Setting yang harus dilakukan adalah Setting configurasi untuk menghubungkan database dengan aplikasi. Cara melakukan s e t tin g c o n fig u r a si dapat dilihat pada Manual Pengoperasian Aplikasi Keuangan Desa.
3. PIN Aktivasi Aplikasi
Aplikasi Sistem Keuangan Desa yang telah terpasang, secara default berada dalam mode trial 21 hari. Agar aplikasi dapat digunakan secara terus menerus komputer yang telah diinstal aplikasi Siskeudes harus diberi PIN aktivasi untuk masing-masing komputer. Register komputer dibuka melalui menu Help – Tentang Aplikasi dan dimintakan PIN kepada Tim Asistensi Perwakilan BPKP.
4. Menu Parameter Data Umum Pemda
Parameter data umum Pemda digunakan untuk memasukkan informasi umum pengguna aplikasi Sistem Keuangan Desa. Nama Pemda dan kode provinsi dan kabupaten/kota hanya bisa diganti melalui kode sml dari pengembang aplikasi Sistem Keuangan Desa. Data selain kode dan nama pemda dapat diubah sesuai kondisi setempat.  
Modul # 4 :  Aplikasi Sistem Keuangan  Desa (SISKEUDES)   
8    
Petunjuk Pengoperasian    
  Pilih Parameter => D ata umum Pemd a
Klik pada tombol Ubah selanjutnya isi data dibawah ini dan diakhiri dengan tombol Simpan  
Nama Pemda  :  Pemerintah Kabupaten Simulasi     ( Default aplikasi dan hanya bisa diubah melalui sml ) Alamat : Jalan Balai Kota No 14 Ibukota  : Mamasa  Tahun : 2016 Nama Bupati : H. Amin Sholahedin Kd Prov : 32 Jabatan Bupati : Bupati Simulasi Kd Kab : 6   (Kode Prov/Kab default sml)      
B. PELATIHAN PERENCANAAN   
Pelatihan Penyusunan RPJM Desa dan RKP Desa: Modul perencanaan digunakan untuk memasukkan data restra desa, RPJM Desa dan RKP Desa. Data yang harus diikan terlebih dahulu meliputi Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran desa sesuai renstra yang telah disusun.  
Petunjuk pengoperasian - > masuk menu Data Entri – Perencanaan – Renstra dan RPJM Desa. Pilih menu Renstra Desa dan isikan data simulasi berikut: Visi : Tahun 2016 – 2021 Terciptanya Desa Simulasi yang makmur dan sejahtera    Misi 1 : Mewujudkan pemerintahan desa yang tertib dan berwibawa Tujuan 1 : Terwujudnya kegiatan pemerintahan desa yang tertib dan lancar   Sasaran 1.1 : Tersedianya aparatur desa yang siap melayani masyarakat   Sasaran 1.2 : Tersedianya kantor desa yang dapat melayani masyarakat desa Tujuan 2 : Terwujudnya Tata Perencanaan Desa yang baik   Sasaran 2.1 : Tersedianya data dan informasi desa   Sasaran 2.2 : Tersedianya perencanaan pembangunan desa     
Modul # 4 :  Aplikasi Sistem Keuangan  Desa (SISKEUDES)   
9    
Misi 2 : Mewujudkan Sarana Prasarana Desa Yang Memadai Tujuan 1 : Terwujudnya sarana jalan yang dapat mendukung perekonomian warga desa   Sasaran 1.1 : Tersedianya jalan desa yang baik dan memadai   Sasaran 1.2 : Tersedianya jalan lingkungan yang baik Tujuan 2 : Terwujudnya sarana irigasi pertanian untuk peningkatan produksi hasil pertanian masyarakat desa   Sasaran 2.1 : Tersedianya saluran irigasi sawah yang baik   Sasaran 2.2 : Terbentuknya himpunan kelompok petani pemakai air yang rukun dan bersahaja Tujuan 3 : Terwujudnya sarana sanitasi lingkungan desa yang baik   Sasaran 3.1 : Tersedianya saluran air lingkungan warga   Sasaran 3.2 : Tersedianya sarana MCK umum warga   Sasaran 3.3 : Terbentuknya komunitas kebersihan lingkungan warga    Misi 3 : Mewujudkan perekonomian dan kesejahteraan warga desa Tujuan 1 : Meningkatnya usaha ekonomi produktif warga   Sasaran 1.1 : Terselenggaranya pelatihan usaha produksi rumah tangga desa   Sasaran 1.2 : Terbinanya kelompok usaha industri rumah tangga desa Tujuan 2 : Meningkatnya pasar produksi desa   Sasaran 2.1 : Terkelolanya pasar desa yang baik   Sasaran 2.2 : Tersalurkannya hasil usaha produksi pertanian masyarakat desa   Sasaran 2.3 : Tersalurkannya hasil produksi industri rumah tangga  
Masuk menu RPJM Desa Simulasi dan masukkan data RPJM Desa dan RKP Desa dari tahun 2015 s.d 2021.
Masukkan Bidang Penyelenggaraan Pemerintah Desa masing-masing: - Bidang Penyelenggaraan Pemerintahan Desa - Bidang Pelaksanaan Pembangunan Desa - Bidang Pembinaan Kemasyarakatan - Bidang Pemberdayaan Masyarakat
Masukkan kegiatan pada Bidang Penyelenggaaan Pemerintah Desa dengan dilengkapi atributnya sebagai berikut: - Kegiatan Pembayaran Penghasilan Tetap dan Tunjangan Lokasi  Desa Simulasi, dilaksanakan tahun  ke-1 s.d 6 secara swakelola, sasaran renstra:  Tersedianya aparatur desa yang siap melayani masyarakat.
Modul # 4 :  Aplikasi Sistem Keuangan  Desa (SISKEUDES)   
10    
- Kegiatan Operasional Kantor Desa Lokasi  Desa Simulasi, dilaksanakan tahun ke-1 s.d 6 secara swakelola,  sasaran renstra:  Tersedianya kantor desa  melayani masyarakat. - Kegiatan Operasional BPD Lokasi Desa Simulasi, dilaksanakan tahun ke-1 s.d 6 secara swakelola, sasaran renstra: Tersedianya kantor desa  melayani masyarakat.
Masukkan pagu indikatif masing-masing kegiatan dari tahun 1 s.d 6.                Masukkan kegiatan pada Bidang yang sesuai dengan dilengkapi atributnya sbb:
No Thn
Vol Output
Satuan Biaya
Pelaksana
Sumber Dana
Waktu
Mulai dan Selesai
1. Kegiatan Pembayaran Penghasilan Tetap & Tunjangan => Bidang Penyelenggaraan Pemdes  I 100 Persen 178.200.000 Sekdes ADD 12 Bulan 1 Jan s.d 31 Des 2016  II 100 Persen 196.020.000 Sekdes ADD 12 Bulan 1 Jan s.d 31 Des 2017  III 100 Persen 215.622.000 Sekdes ADD 12 Bulan 1 Jan s.d 31 Des 2018  IV 100 Persen 237.228.000 Sekdes ADD 12 Bulan 1 Jan s.d 31 Des 2019  V 100 Persen 260.951.000 Sekdes ADD 12 Bulan 1 Jan s.d 31 Des 2020  VI 100 Persen 260.951.000 Sekdes ADD 12 Bulan 1 Jan s.d 31 Des 2021 2. Kegiatan Operasional Kantor Desa => Bidang Penyelenggaraan Pemerintahan  I 100 Persen   126.865.000 Sekdes ADD 12 Bulan 1 Jan s.d 31 Des 2016  II 100 Persen 156.300.000 Sekdes ADD 12 Bulan 1 Jan s.d 31 Des 2017  III 100 Persen 161.150.000 Sekdes ADD 12 Bulan 1 Jan s.d 31 Des 2018  IV 100 Persen 183.712.000 Sekdes ADD 12 Bulan 1 Jan s.d 31 Des 2019  V 100 Persen 171.521.000 Sekdes ADD 12 Bulan 1 Jan s.d 31 Des 2020  VI 100 Persen 171.521.000 Sekdes ADD 12 Bulan 1 Jan s.d 31 Des 2021 3. Kegiatan Operasional BPD => Bidang Penyelenggaraan Pemerintahan  I 100 Persen   6.840.000 Sekdes PBP 12 Bulan 1 Jan s.d 31 Des 2016  II 100 Persen    8.210.000 Sekdes PBP 12 Bulan 1 Jan s.d 31 Des 2017
Modul # 4 :  Aplikasi Sistem Keuangan  Desa (SISKEUDES)   
11    
No Thn
Vol Output Satuan Biaya
Pelaksana
Sumber Dana Waktu
Mulai dan Selesai
 III 100 Persen   7.450.000 Sekdes PBP 12 Bulan 1 Jan s.d 31 Des 2018  IV 100 Persen   7.512.000 Sekdes PBP 12 Bulan 1 Jan s.d 31 Des 2019  V 100 Persen   7.621.000 Sekdes PBP 12 Bulan 1 Jan s.d 31 Des 2020  VI 100 Persen   7.621.000 Sekdes PBP 12 Bulan 1 Jan s.d 31 Des 2021 4. Kegiatan Pembangunan  Saluran Irigasi => Bidang Pembangunan Desa  I 1480  meter 302.700.000 Ida Iasha DDS 3 bulan 1 April sd. 31 Juni 2016  III 1830 meter 421.600.000 Ida Iasha DDS 5 Bulan 1 April  s.d. 31 Agustus 2018  V 1250 meter 215.622.000 Ida Iasha DDS 3 Bulan 1 April sd. 31 Juni 2020 5. Kegiatan Pembangunan  Jalan => Bidang Pembangunan Desa  I 1520  meter 297.400.000 Idham DDS 5 Bulan 1 Juni s.d 31  Okt 2016  I 1 Buah 41.000.000 Idham SWD 1 Bulan 1 Juni s.d 30 okt 2016  II 1230 Meter 280.200.000 Idham DDS 5 Bulan 1 Juni s.d 31  Okt 2017  IV 1472 meter 285.224.000 Idham DDS 5 Bulan 1 Juni s.d 31  Okt 2019  V 850 meter 225.800.000 Idham DDS 5 Bulan 1 Juni s.d 31  Okt 2020 6. Kegiatan Pembinaan Keamanan dan Ketertiban => Bidang Pembinaan Kemasyarakatan  I 100 Persen 120.745.000 Zaenal PBK 12 Bulan 1 Jan s.d 31 Des 2016  II 100 Persen 28.300.000 Zaenal PBK 12 Bulan 1 Jan s.d 31 Des 2017  III 100 Persen 32.500.000 Zaenal PBK 12 Bulan 1 jan s.d 31 des 2018  IV 100 Persen 27.580.000 Zaenal PBK 12 Bulan 1 Jan s.d 31 Des 2019  V 100 Persen 28.650.000 Zaenal PBK 12 Bulan 1 Jan s.d 31 Des 2020 7. Kegiatan Pendidikan Anak Usia Dini => Bidang Pembinaan Kemasyarakatan  I 20 anak 82.235.000 Zaenal PAD 12 Bulan 1 Jan s.d 31 Des 2016
Modul # 4 :  Aplikasi Sistem Keuangan  Desa (SISKEUDES)   
12    
No Thn
Vol Output Satuan Biaya
Pelaksana
Sumber Dana Waktu
Mulai dan Selesai
 II 20 anak 60.720.000 Zaenal PAD 12 Bulan 1 Jan s.d 31 Des 2017  III 20 anak 55.430.000 Zaenal PAD 12 Bulan 1 Jan s.d 31 Des 2018  IV 20 anak 62.850.000 Zaenal PAD 12 Bulan 1 Jan s.d 31 Des 2019  V 20 anak 80.215.000 Zaenal PAD 12 Bulan 1 Jan s.d 31 Des 2019 8. Kegiatan Pelatihan Kepala Desa dan Perangkat => Bid. Pemberdayaan Masyarakat
 I 1 kegiatan   88.500.000 Ida PAD 5 hari 1 s.d 5 Mei 2016 9. Kegiatan Pelatihan Kelompok Tani dan Nelayan => Bid. Pemberdayaan Masyarakat  I 1 kegiatan    63.500.000 Ida DDS 1 Bulan 1 s.d 30 Juni 2016  IV 1 Kegiatan 65.800.000 Ida DDS 1 Bulan 1 s.d 30 Juni 2019 10. Kegiatan Pelatihan Teknologi Tepat Guna => Bidang Pemberdayaan Masyarakat  III 1 Kegiatan 72.500.000 Ida DDS 1 Bulan 1 s.d 31 April 2018  V 1 Kegiatan 72.500.000 Ida DDS 1 Bulan 1 s.d 31 April 2020 11. Kegiatan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat => Bidang Pemberdayaan Masyarakat  II 1 Kegiatan 82.720.000 Ida PBH 1 Bulan 1 s.d 31 Okt 2017  IV 1 Kegiatan 76.810.000 Ida PBH 1 Bulan 1 s.d 31 Okt 2019 12 Kegiatan Penanggulangan Bencana Alam => Bidang Tidak Terduga  I 100 Persen   126.865.000 Sekdes ADD 12 Bulan 1 Jan s.d 31 Des 2016  II 100 Persen 156.300.000 Sekdes ADD 12 Bulan 1 Jan s.d 31 Des 2017  III 100 Persen 161.150.000 Sekdes ADD 12 Bulan 1 Jan s.d 31 Des 2018  IV 100 Persen 183.712.000 Sekdes ADD 12 Bulan 1 Jan s.d 31 Des 2019  V 100 Persen 171.521.000 Sekdes ADD 12 Bulan 1 Jan s.d 31 Des 2020  
Modul # 4 :  Aplikasi Sistem Keuangan  Desa (SISKEUDES)   
13    
      Pelatihan Penyusunan Anggaran (APBDes): Hal-hal yang harus diperhatikan dalam pelatihan penganggaran dapat diuraikan sebagai berikut :  
1. Pengisian Data Umum  Pengisian data umum adalah proses pertama yang harus dilakukan dalam pelatihan ini. Tanpa pengisian data umum, maka akan ada beberapa proses yang tidak dapat dilakukan serta dalam output/laporan yang tidak dapat terinformasi secara lengkap. Untuk pelatihan dapat digunakan data umum seperti dalam Modul Pelatihan ini.  2. Pengisian Parameter  Setelah Pengisian Data Umum secara lengkap maka proses kedua yang harus dilakukan adalah mengisi parameter. Dalam database yang akan diberikan dalam paket pelatihan ini dalam menu parameter sudah diisi secara otomatis ( default ). Namun ada beberapa parameter yang harus diisi oleh peserta pelatihan. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam pengisian parameter ini adalah :  
1) Parameter Kecamatan dan Desa, Kode Rekening, Bidang dan Kegiatan  
Parameter ini diisi sesuai dengan Permendagri Nomor 113 tahun 2013. Dalam modul pelatihan ini menggunakan nama desa, kode rekening dan bidang kegiatan yang sesuai dengan Permendagri tersebut. Jika ada penambahan atau penggantian dapat dilakukan sesuai kondisi daerah setempat dengan menggunakan daftar yang sudah ditetapkan melalui peraturan Kepala Daerah.   
Penambahan kode rekening dapat dilakukan khususnya pada level objek. Khusus penambahan kode rekening belanja modal agar disusun sesuai dengan kode rekening belanja modal yang sudah diselaraskan dengan kode aset tetap sesuai Permendagri yang mengatur mengenai Kekayaan Milik Desa.
Sampai saat ini proses penyusunan APBDes menggunakan kode rekening yang ada dalam Permendagri Nomor 113 Tahun 2013. Untuk penyusunan APBDes pemerintah desa dapat menggunakan database dengan default BAS yang ada dalam Aplikasi Sistem Keuangan Desa.
2) Penginputan Data  
Dalam pelatihan penganggaran, penginputan data harus dilakukan secara berurut, dalam pengertian anggaran Pendapatan dan Penerimaan Pembiayaan harus diinput terlebih dahulu baru kemudian Belanja dan pengeluaran
Modul # 4 :  Aplikasi Sistem Keuangan  Desa (SISKEUDES)   
14    
pembiayaan. Setiap input data anggaran dilakukan pengecekan kecukupan sumberdana ditinjau dari sisi penerimaan terhadap pengeluaran belanjanya. Tidak boleh ada selisih minus anggaran pendapatan + penerimaan pembiayaan dibandingkan dengan belanja + pengeluaran pembiayaan.
Sisa lebih perhitungan anggaran tahun sebelumnya agar diinput melalui penerimaan pembiayaan sesuai dengan sumber dananya masing-masing. Pada akhirnya, SILPA Tahun Berjalan pada saat APB Desa selesai disusun harus bersaldo NIHIL.  
C.  BAHAN LATIHAN PENGANGGARAN MENGGUNAKAN APLIKASI SISTEM KEUANGAN DESA 1. Menu Data Entry    Petunjuk Pengoperasian     1 Diisi dari menu Data Entry => Penganggaran=>Desa=>Kecamatan 2 Klik pada tombol Tambah dan diakhiri dengan tombol Simpan atau Batal 1.    Data Umum    Isian data umum desa digunakan untuk melakukan penginputan data pemerintah desa, seperti nama kepala desa, nama sekretaris desa, nama bendahara desa, tanggal perdes dan tanggal perdes perubahan (PAK). Untuk Pengisian Data Umum desa dapat diisi sesuai dengan nama desa masingmasing. Contoh : Nama Desa : Pemerintah Desa Simulasi Nama Kepala Desa  : Yohanis Daud Pute Jabatan Kades  : Kepala Desa Nomor Perdes : 01 Tanggal Perdes : 4 Januari 2016 Nomor Perdes PAK : 03 Tanggal Perdes PAK : 20 Juli 2016 Nomor Perdes Ptgjwbn : 08 Nomor Perdes Ptgjwbn : 31 Desember 2016 Nama Sekretaris  Desa :  Anugerah Puspawijaya Jabatan Sekdes :  Sekretaris  Desa NIP Sekdes : 19861907 201002 2 002
Modul # 4 :  Aplikasi Sistem Keuangan  Desa (SISKEUDES)   
15    
Nama Kaur Keu : Winda Nurhayati Jabatan Kaur Keu : Kepala Urusan Keuangan Nama Bendahara Desa :  Winda Nurhayati Jabatan Bendahara : Bendahara Desa
2. Kegiatan Menu kegiatan digunakan untuk memasukkan data kegiatan yang akan dilaksanakan dalam tahun yang bersangkutan. Data kegiatan harus dilengkapi dengan atribut kegiatan yang meliputi kode, nama kegiatan, lokasi, waktu pelaksanaan, nama pelaksana kegiatan, keluaran dan pagu anggaran setahun. Sumber data berasal dari RKP Desa. Petunjuk Pengoperasian  1. Diisi d a ri m e n u D a t a E n t r y = > Penganggaran => Desa => nama Kecamatan kemudian pilih Nama Desa 2. Kemudian pilih Kegiatan 3. Klik pada tombol Tambah 4. Ketik  nama bidang dan lanjutkan dengan mengisi kegiatan 5. Akhiri dengan tombol Simpan atau Batal   
3. Pendapatan Menu pendapatan digunakan untuk melakukan penginputan data anggaran pendapatan pemerintah desa. Penapatan tersebut dapat berupa Hasil Pengelolaan Tanah Kas Desa, Hasil Pengelolaan Pasar Desa, Hasil Usaha Desa Lainnya, Hasil Swadaya, Dana Desa, ADD, dan Pendapatan Hibah dari Pihak Ketiga yang tidak mengikat. Sumber Data: RKP Desa. Petunjuk Pengoperasian  1. Diisi d a ri m e n u D a t a E n t r y = > Penganggaran => Pilih D e s a => Nama Kecamatan kemudian pilih Nama Desa 2. Kemudian pilih Pendapatan 3. Klik pada tombol Tambah 4. Pilih Kode Nama Kelompok Pendapatan, Nama Jenis Pendapata n , dan Nama Obyek Pendapatan 5. Lakukan Pengisian data RAB Rinci 6. Akhiri dengan tombol Simpan atau Batal  
Modul # 4 :  Aplikasi Sistem Keuangan  Desa (SISKEUDES)   
16     
KODE REK
Uraian Sumber Dana
Vol Satu an
Harga Jumlah Satuan (Rp) 1 2 3 4 5 6 7 = 4 x 6 4 PENDAPATAN DESA      1.583.200.000 4.1 Pendapatan Asli Desa      144.860.000 4.1.1  Hasil Usaha Desa      47.500.000 4.1.1.04 Hasil Pelelangan Ikan Dikelola Desa     47.500.000   01. Hasil Pelelangan Ikan Desa PAD 1 Thn 47.500.000 47.500.000 4.1.2 Hasil Aset Desa      35.000.000 4.1.2.01 Pendapatan Sewa Tanah Kas Desa     35.000.000   01. Sewa Tanah Kas Desa PAD 1 Thn 35.000.000 35.000.000
4.1.3 Swadaya, Partisipasi dan Gotong Royong  
     
41.000.000 4.1.3.01 Hasil Swadaya     41.000.000   01. Hasil Swadaya SWD 1 Thn 41.000.000 41.000.000 4.1.4 Lain - Lain Pendapatan Asli Desa Yang Sah      21.360.000 4.1.4.04 Bunga Simpanan uang di Bank PAD 1 Thn 360.000 360.000  01. Bunga Bank      4.1.4.09  Lain - Lain Pendapatan Asli Desa Yang Sah Lainnya        01. Lain - Lain Pendapatan Asli Desa Yang Sah Lainnya PAD 1 Thn 21.000.000 21.000.000 4.2 Pendapatan Transfer      1.418.340.000 4.2.1  Dana Desa      548.800.000 4.2.1.01 Dana Desa      548.800.000   01.Dana Desa DDS 1 Thn 548.800.000 548.800.000 4.2.2 Bagi Hasil pajak dan Retribusi      38.750.000 4.2.2.01 Bagi Hasil pajak dan Retribusi Daerah      38.750.000   01. Bagi Hasil pajak dan Retribusi PBH 1 Thn 38.750.000 38.750.000 4.2.3 Alokasi Dana Desa      372.500.000 4.2.3.01 Alokasi Dana Desa      372.500.000   01. ADD Desa ADD 1 Thn 372.500.000 372.500.000 4.2.4 Bantuan Keuangan Provinsi      147.290.000 4.2.4.01 Bantuan Keuangan dari APBD Provinsi      147.290.000   01. Bantuan Keuangan dari Provinsi PBP 1 Thn 147.290.000 147.290.000 4.2.5 Bantuan Keuangan Kabupaten/Kota      311.000.000 4.2.5.01 Bantuan Keuangan dari Kabupaten      311.000.000   01. Bantuan Keuangan dari Kabupaten PBK 1 Thn 311.000.000 311.000.000
4.3 Lain-Lain Pendapatan Desa yang Sah
     
20.000.000
4.3.1  
Pendapatan Hibah dan Sumbangan Pihak Ketiga
     20.000.000
4.3.1.07
Pendapatan Sumbangan dari Pihak Ketiga Lainnya
     20.000.000
  01.Sumbangan dari pihak ketiga DLL 1 Thn 20.000.000 20.000.000   JUMLAH (Rp)   1.583.200.000
Modul # 4 :  Aplikasi Sistem Keuangan  Desa (SISKEUDES)   
17    
4. Belanja Petunjuk Pengoperasian  1. Diisi d a ri m e n u D a t a E n t r y = > Penganggaran => Pilih D e s a => Nama Kecamatan kemudian pilih Nama Desa 2. Kemudian pilih Belanja 3. Klik pada tombol Tambah 4. Pilih Kode Nama Bidang, Nama Kegiatan, dan RAB 5. Lakukan Pengisian data RAB Rinci 6. Akhiri dengan tombol Simpan atau Batal   
Bidang    : Bidang Penyelenggaraan Pemerintah Desa Kegiatan    : Pembayaran Penghasilan Tetap dan Tunjangan Waktu Pelaksanaan : 12 Bulan Sumber Dana  : ADD Output/Keluaran  : Terbayarnya Siltap dan Tunjangan Kades dan Perangkat  
KODE REK Uraian  Sumber Dana Vol Satuan
Harga Jumlah Satuan (Rp) 1 2 3 4 5 6  7 = 4 x 6  5 BELANJA DESA         178.200.000 5.1.1 Belanja Pegawai         178.200.000 5.1.1.01 Penghasilan Tetap Kepala Desa dan Perangkat Desa         96.000.000   01. Kepala Desa ADD 12 Bulan   1.500.000  18.000.000   02. Sekretaris Desa ADD 12 Bulan   1.200.000  14.400.000   03. Kepala Seksi 3 Org ADD 36 OB   800.000  28.800.000  04. Kepala Dusun 4 Org ADD 48 OB 600.000 28.800.000   05. Bendahara Desa ADD 12 Bulan   500.000  6.000.000 5.1.1.04 Tunjangan Kepala Desa dan Perangkat Desa         37.200.000   01. Kepala Desa ADD 12 Bulan   600.000  7.200.000   02. Sekretaris Desa ADD 12 Bulan      400.000  4.800.000   03. Kepala Seksi 3 Org ADD 36 OB      300.000  10.800.000  04. Kepala Dusun 4 Org ADD 48 OB 250.000 12.000.000   05. Bendahara Desa ADD 12 Bulan      200.000  2.400.000 5.1.1.03 Tunjangan BPD dan Anggotanya         45.000.000   01. Ketua BPD ADD 12 Bulan   1.000.000  12.000.000   02. Sekretaris BPD ADD 12 Bulan   800.000  9.600.000   03. Anggota BPD 3 Org ADD 36 Org/Bln   650.000  23.400.000   JUMLAH (Rp)     178.200.000
Modul # 4 :  Aplikasi Sistem Keuangan  Desa (SISKEUDES)   
18    
  Bidang    : Bidang Penyelenggaraan Pemerintah Desa Kegiatan    : Kegiatan Operasional Kantor Desa Waktu Pelaksanaan : 12 Bulan Sumber Dana  : ADD, PBP Output/Keluaran  : Lancarnya Kegiatan Kantor Desa
KODE REK
Uraian  
Sumber Dana
Vol Satuan
Harga Jumlah Satuan (Rp) 1 2 3 4 5 6  7 = 4 x 6  5 BELANJA DESA           139.225.000  5.1.2 Belanja Barang dan Jasa         85.725.000 5.1.2.01 Belanja Listrik, Air dan Telepon     6.600.000  01. Listrik Kantor ADD 12 bulan 250.000 3.000.000  02. Telepon Kantor ADD 12 Bulan 300.000 3.600.000 5.1.2.02 Belanja Alat Tulis Kantor             4.150.000    01. Kertas HVS ADD 40 Rim   50.000      2.000.000   02. Amplop Besar ADD 10 Pak 25.000 250.000  03. Amplop Sedang ADD 10 Pak 15.000 150.000  04. Stop Map Folio ADD 6 Pak 25.000 150.000  05. Kertas Folio ADD 8 Pak 35.000 280.000  06. Tinta Printer ADD 20 Botol 30.000 600.000  07. Staples ADD 12 Buah 15.000 180.000  08. Spidol ADD 20 Buah 5.000 100.000  09. Tinta Stempel ADD 10 Botol 20.000 200.000  10. Buku Folio ADD 6 buah 40.000 240.000 5.1.2.03 Belanja Alat-alat Kebersihan             2.775.000    01. Bahan Pembersih ADD 20 Botol   30.000      600.000   02. Sapu ADD 12 Buah 40.000 480.000  03. Tong Sampah ADD 5 Buah 80.000 400.000  04. Kain Lap/Pel ADD 10 Buah 40.000 400.000  05. Gunting Rumput ADD 2 Buah 75.000 150.000  06. Pengharum Toilet ADD 8 Buah 20.000 160.000  07. Pengharum Ruangan ADD 10 Buah 30.000 300.000  08. Ember ADD 5 Buah 25.000 125.000  09. Gayung ADD 4 Buah 15.000 60.000  10. Plastik Sampah ADD 5 pak 20.000 100.000 5.1.2.04 Belanja Benda Pos dan Materai               890.000    01. Materai 3000 ADD 40 Buah     4.000        160.000   02. Materai 6000 ADD 60 Buah 8.000 480.000  03. Perangko ADD 50 Buah 5.000 250.000
Modul # 4 :  Aplikasi Sistem Keuangan  Desa (SISKEUDES)   
19    
KODE REK
Uraian  
Sumber Dana
Vol Satuan
Harga Jumlah Satuan (Rp) 1 2 3 4 5 6  7 = 4 x 6  5.1.2.06 Belanja Fotocopy, Cetak dan Penggandaan              4.750.000    01. Fotocopy Surat dan Berkas ADD 2500 Lembar     300        750.000   02. Cetak buku register ADD 50 Buah 30.000 1.500.000  03. Cetak blanko kependudukan ADD 5 paket 500.000 2.500.000 5.1.2.07 Belanja Makanan dan Minuman Rapat             7.750.000    01.Makanan Rapat ADD 200 Kotak   25.000  5.000.000      02. Snack Rapat ADD 200 Kotak 10.000 2.000.000  03. Air Mineral ADD 30 duz 25.000 750.000 5.1.2.08 Belanja Pakaian Dinas dan Atributnya             5.000.000    01. Pakaian Seragam ADD 20 Buah   150.000      3.000.000   02. Pakaian Batik ADD 20 buah 100.000 2.000.000 5.1.2.10 Belanja Jasa Upah Tenaga Kerja             13.200.000    01. Upah Petugas Kebersihan ADD 12 bln   500.000      6.000.000   02. Upah Petugas Keamanan ADD 12 bln 600.000 7.200.000 5.1.2.11 Belanja Sewa Peralatan             1.500.000    01. Sewa Alat ADD 1 Tahun   1.500.000      1.500.000  5.1.2.12 Belanja Perawatan Kendaraan Bermotor             5.400.000    01. Service Kendaraan Roda 2 ADD 12 kali   200.000      2.400.000   02. Service Kendaraan Roda 4 ADD 2 kali 1.500.000 3.000.000 5.1.2.16 Belanja Perjalanan Dinas             26.000.000    01. Perjalanan Dinas Dalam Kab ADD 150 OH   100.000      15.000.000   02. Perjalanan Dinas Luar Kab ADD 20 OH 300.000 6.000.000  03. Perjalanan Dinas Luar Prov ADD 10 OH 500.000 5.000.000 5.1.2.18 Belanja Pemeliharaan Alat Kantor dan Rumah Tangga             7.350.000    01. Service Alat Kantor ADD 1 Tahun   2.000.000      2.000.000   02. Service Alat Rumah Tangga ADD 1 Tahun 2.500.000 2.500.000  03. Service Komputer ADD 1 Tahun 2.850.000 2.850.000 5.1.2.22 Belanja Jasa Transaksi keuangan                             360.000     01. Admin bank PAD 12 kali 30.000 36 0.000 5.1.3 Belanja Modal            5 3 .500.000  
5.1.3.07
Belanja Modal Pengadaan Peralatan Kantor   
 
         13.000.000  
  01. Mesin Tik ADD 2 Buah     1.500.000        3.000.000   02. Lemari Arsip ADD 4 Buah 2.500.000 10.000.000
5.1.3.08
Belanja Modal Pengadaan Alat-alat Rumah Tangga   
 
    
    22.000.000  
Modul # 4 :  Aplikasi Sistem Keuangan  Desa (SISKEUDES)   
20    
KODE REK
Uraian  
Sumber Dana
Vol Satuan
Harga Jumlah Satuan (Rp) 1 2 3 4 5 6  7 = 4 x 6    01. AC PBP 2 Unit     3.500.000        7.000.000    02. Meja PBP 10 Buah     1.000.000      10.000.000    03. Kursi PBP 10 Buah        500.000        5.000.000  5.1.3.09 Belanja Modal Pengadaan Komputer             18.500.000    01. Laptop PBP 2 Unit     8.500.000      17.000.000    02. Printer PBP 2 Unit        750.000        1.500.000    JUMLAH (Rp)       139.225.000   
Bidang    : Bidang Penyelenggaraan Pemerintah Desa Kegiatan    : Kegiatan Operasional BPD Waktu Pelaksanaan  : 12 Bulan Sumber Dana   : PBP, PBH Output/Keluaran   : Lancarnya Kegiatan BPD
KODE REK
Uraian  
Sumber Dana
Vol Satuan
Harga Jumlah Satuan (Rp) 1 2 3 4 5 6  7 = 4 x 6  5 BELANJA DESA             7.840.000  5.1.2 Belanja Barang dan Jasa         7.840.000 5.1.2.02 Belanja Alat Tulis Kantor               470.000    01. Kertas HVS PBP 4 Rim     50.000        200.000   02. Tinta Printer PBP 3 buah 30.000 90.000  03. Book Note PBP 12 buah 15.000 180.000 5.1.2.04 Belanja Benda Pos dan Materai               120.000    01. Materai 3000 PBP 10 Buah     4.000        40.000   02. Materai 6000 PBP 10 buah 8.000 80.000 5.1.2.06 Belanja Fotocopy, Cetak dan Penggandaan               1.500.000    01. Fotopy Bahan Rapat PBP 1 ls     1.000.000        1.000.000   02. Cetak PBP 1 ls 500.000 500.000 5.1.2.07 Belanja Makanan dan Minuman Rapat               3.750.000    01. Nasi Kotak PBP 100 Buah     25.000        2.500.000   02. Snack Rapat PBP 100 buah 10.000 1.000.000  03. Air Mineral PBP 10 dus 25.000 250.000 5.1.2.16 Belanja Perjalanan Dinas             2.000.000    01. Perjalanan Dinas PBP 10 OK   200.000      2.000.000    JUMLAH (Rp)         7.840.000  
Modul # 4 :  Aplikasi Sistem Keuangan  Desa (SISKEUDES)   
21    
Bidang    : Bidang Penyelenggaraan Pemerintah Desa Kegiatan    : Kegiatan Operasional RT/RW Waktu Pelaksanaan : 12 Bulan Sumber Dana  : PBP Output/Keluaran  : Terselenggaranya Kegiatan RT/RW dengan lancar
KODE REK
Uraian  Sumber Dana
Vol Satuan
Harga Jumlah Satuan (Rp) 1 2 3 4 5 6  7 = 4 x 6  5 BELANJA DESA             32.300.000  5.1.2 Belanja Barang dan Jasa         32.300.000 5.1.2.02 Belanja Alat Tulis Kantor               5.500.000    01. Paket ATK untuk Adm RW PBP 5 RW     300.000        1.500.000   02. Paket ATK untuk Adm RT PBP 20 RT 200.000 4.000.000 5.1.2.04 Belanja Benda Pos dan Materai               300.000    01. Materai 3000 PBP 25 Buah     4.000        100.000   02. Materai 6000 PBP 25 Buah 8.000 200.000 5.1.2.06 Belanja Fotocopy, Cetak dan Penggandaan               2.500.000    01. Fotocopy PBP 1 Ls     1.000.000        1.000.000   02. Cetak Blanko Pengantar PBP 1 Ls 1.500.000 1.500.000 5.1.2.07 Belanja Makanan dan Minuman Rapat               6.000.000    01. Bantuan Mamin Rapat RW PBP 60 Kali     100.000        6.000.000  5.1.2.16 Belanja Perjalanan Dinas             18.000.000    01. Uang Transport Ketua RW PBP 60 OB   100.000      6.000.000   02. Uang Transport Ketua RT PBP 240 OB 50.000 12.000.000          JUMLAH (Rp)         32.300.000   
 
Modul # 4 :  Aplikasi Sistem Keuangan  Desa (SISKEUDES)   
22    
Bidang   : Bidang Pelaksanaan Pembangunan Desa Kegiatan   : Kegiatan Pembangunan Saluran Irigasi Waktu Pelaksanaan : 3 Bulan Sumber Dana  : ADD, DDS Output/Keluaran : Saluran Irigasi Desa 400m, 600m dan 480m
KODE REK
Uraian  Sumber Dana
Vol Satuan
Harga Jumlah Satuan (Rp) 1 2 3 4 5 6  7 = 4 x 6  5 BELANJA DESA           302.700.000  5.1.2 Belanja Barang dan Jasa         5.900.000 5.1.2.02 Belanja Alat Tulis Kantor     500.000  01. Kertas HVS ADD 4 Rim 50.000 200.000  02. Tinta Printer ADD 2 Buah 30.000 60.000  03. Spidol Warna ADD 12 Buah 15.000 180.000  04. Kertas Gambar ADD 12 lembar 5.000 60.000 5.1.2.14 Belanja Honorarium Tim Panitia               5.400.000    01. Honor Ketua 1 Org ADD 3 OB 500.000        1.500.000   02. Honor Sekretaris 1 Org ADD 3 OB 400.000 1.200.000  03. Honor Anggota 3 Org ADD 9 OB 300.000 2.700.000 5.1.3 Belanja Modal          296.800.000  5.1.3.29 Belanja Modal Pengadaan Jaringan Air           296.800.000   01. Sal. Irigasi Dsn Jetis 400m     78.600.000   01. Batu DDS 120 M3 300.000 36.000.000  02. Pasir DDS 40 M3 350.000 14.000.000  03. Semen DDS 80 Sak 60.000 4.800.000  04. Upah Tukang DDS 100 OH 100.000 10.000.000  05. Upah Pekerja DDS 120 OH 80.000 9.600.000  06. Sewa Alat DDS 1 Ls 2.400.000 2.400.000  07. Juru Gambar DDS 1 Ls 1.800.000 1.800.000  02. Sal. Irigasi Dsn. Wangi 600m     118.900.000  01. Batu DDS 180 M3 300.000 54.000.000  02 Pasir DDS 60 M3 350.000 21.000.000  03. Semen DDS 120 Sak 60.000 7.200.000  04. Upah Tukang DDS 160 OH 100.000 16.000.000  05. Upah Pekerja DDS 190 OH 80.000 15.200.000  06. Sewa Alat DDS 1 Ls 3.500.000 3.500.000  07. Juru Gambar DDS 1 Ls 2.000.000 2.000.000  03. Sal. Irigasi Dsn. Belu 480m     99.300.000  01. Batu DDS 150 M3 300.000 45.000.000
Modul # 4 :  Aplikasi Sistem Keuangan  Desa (SISKEUDES)   
23    
KODE REK
Uraian  Sumber Dana
Vol Satuan
Harga Jumlah Satuan (Rp) 1 2 3 4 5 6  7 = 4 x 6   02. Pasir DDS 50 M3 350.000 17.500.000  03. Semen DDS 100 Sak 60.000 6.000.000  04. Upah Tukang DDS 140 OH 100.000 14.000.000  05. Upah Pekerja DDS 150 OH 80.000 12.000.000  06. Sewa Alat DDS 1 Ls 2.800.000 2.800.000   07. Juru Gambar DDS 1 Ls 2.000.000 2.000.000   JUMLAH (Rp)       302.700.000    
Bidang   : Bidang Pelaksanaan Pembangunan Desa Kegiatan    : Kegiatan Pembangunan Jalan Desa Waktu Pelaksanaan : 5 Bulan  Sumber Dana  : ADD Output/Keluaran  : Terbangunnya Jalan Desa dan Jalan lingkungan 1520m
KODE REK Uraian  Sumber Dana Vol Satuan
Harga Jumlah Satuan (Rp) 1 2 3 4 5 6  7 = 4 x 6  5 BELANJA DESA           530.900.000  5.1.2 Belanja Barang dan Jasa         13.100.000 5.1.2.02 Belanja Alat Tulis Kantor     1.100.000  01. Kertas HVS ADD 12 Rim 50.000 600.000  02. Tinta Printer ADD 4 Buah 30.000 120.000  03. Spidol Warna ADD 12 Buah 15.000 180.000  04. Kertas Gambar ADD 40 lembar 5.000 200.000 5.1.2.14 Belanja Honorarium Tim Panitia            12.000.000    01. Honor Ketua Panitia ADD 5 OB        500.000        2.500.000   02. Honor Sekretaris ADD 5 OB 400.000 2.000.000  03. Honor Anggota  ADD 25 OB 300.000 7.500.000 5.1.3 Belanja Modal        517.800.000  5.1.3.15 Belanja Modal Pengadaan Jalan         380.750.000   01. Jalan Aspal Poros Desa 800m     192.500.000   01.Batu PBK 250 M3    300.000      75.000.000    02.Pasir PBK 100 M3    350.000      35.000.000    03.Aspal PBK 50 Drum        500.000      25.000.000    04.Kerikil PBK 60 M3     600.000      36.000.000  
Modul # 4 :  Aplikasi Sistem Keuangan  Desa (SISKEUDES)   
24    
KODE REK
Uraian  Sumber Dana
Vol Satuan
Harga Jumlah Satuan (Rp) 1 2 3 4 5 6  7 = 4 x 6   05.Upah Pekerja PBK 120 OH 100.000 12.000.000  06. Sewa Alat dan Weles ADD 1 Ls 9.500.000 9.500.000  02. Jalan Lingkungan RT - 03 150m     59.400.000  01. Paving DDS 600 M2 60.000 36.000.000  02. Pasir DDS 30 M3 350.000 10.500.000  03. Semen DDS 40 Sak 60.000 2.400.000  04. Upah Pekerja DDS 80 OH 100.000 8.000.000  05. Sewa Alat DDS 1 Ls 2.500.000 2.500.000  03. Jalan Lingkungan RT - 05 200m     78.000.000  01. Paving DDS 800 M2 60.000 48.000.000  02. Pasir DDS 40 M3 350.000 14.000.000  03. Semen DDS 50 Sak 60.000 3.000.000  04. Upah Pekerja DDS 100 OH 100.000 10.000.000  05. Sewa Alat DDS 1 Ls 3.000.000 3.000.000  04. Jalan Lingkungan RT - 07 120m     50.800.000  01. Paving DDS 500 M2 60.000 30.000.000  02. Pasir DDS 24 M3 350.000 8.400.000  03. Semen DDS 35 Sak 60.000 2.100.000  04. Upah Pekerja DDS 78 OH 100.000 7.800.000  05. Sewa Alat DDS 1 Ls 2.500.000 2.500.000  05. Jalan Lingkungan RT - 11 25 0m     96.100.000  01. Paving DDS 1000 M2 60.000 60.000.000  02. Pasir DDS 50 M3 350.000 17.500.000  03. Semen DDS 60 Sak 60.000 3.600.000  04. Upah Pekerja DDS 120 OH 100.000 12.000.000  05. Sewa Alat DDS 1 Ls 3.000.000 3.000.000  06. Gerbang Jalan Desa     41.000.000  01. Batu Bata SWD 1 Ls 12.000.000 12.000.000  02. Semen SWD 1 Ls 8.500.000 8.500.000  03. Pasir SWD 1 Ls 7.500.000 7.500.000  04. Besi Cor SWD 1 Ls 5.000.000 5.000.000  05. Pekerja SWD 1 Ls 8.000.000 8.000.000
  JUMLAH (Rp)
 
 
  530.900.000   
 
Modul # 4 :  Aplikasi Sistem Keuangan  Desa (SISKEUDES)   
25    
Bidang   : Bidang Pembinaan Kemasyarakatan Kegiatan   : Kegiatan Pembinaan Keamanan dan Ketertiban Waktu Pelaksanaan : 12 Bulan Sumber Dana  : ADD, PAD, PBK Output/Keluaran  :Terselenggaranya Keamanan & Ketertiban Lingkungan KODE REK Uraian  Sumber Dana Vol Satuan Harga Jumlah Satuan (Rp) 1 2 3 4 5 6  7 = 4 x 6  
5 BELANJA DESA
 
 
 
 
  120.745.000  5.1.2 Belanja Barang dan Jasa         120.745.000 5.1.2.02 Belanja Alat Tulis Kantor               2.395.000    01. Kertas HVS ADD 2 Rim 50.000        100.000   02. Tinta printer ADD 5 Buah 30.000 150.000  03. Ballpen ADD 5 Lusin 60.000 300.000  04. Buku Agenda ADD 10 buah 80.000 800.000  05. Blok Note Peserta ADD 100 buah 10.000 1.000.000  06. Amplop ADD 3 Pak 15.000 45.000 5.1.2.06 Belanja Fotocopy, Cetak dan Penggandaan              2.450.000    01. Fotocopy ADD 1500 Lembar 300        450.000   02. Cetak Spanduk ADD 4 buah 500.000 2.000.000 5.1.2.07 Belanja Makanan dan Minuman Rapat            8.400.000    01. Makan Latihan PBP 200 Kotak 25.000      5.000.000   02. Snack Latihan PBP 200 Kotak 15.000 3.000.000  03. Air Mineral PBP 16 Dus 25.000 400.000 5.1.2.08 Belanja Pakaian Dinas dan Atribut     56.000.000  01. Seragam Hansip PBK 100 Buah 250.000 25.000.000  02. Kaos Latihan PBK 100 Buah 100.000 10.000.000  03. Sepatu Hansip  PBK 100 Buah 150.000 15.000.000  04. Atribut Kamling PBK 20 Set 300.000 6.000.000 5.1.2.09 Belanja Bahan Praktek dan Pelatihan            15.000.000    01.Bahan Praktek dan Pelatihan PAD 2 Paket 7.500.000      15.000.000  5.1.2.11 Belanja Sewa Peralatan              2.500.000    01.Sewa Peralatan Latihan PBK 1 Keg 2.500.000        2.500.000  5.1.2.15 Belanja Honorarium Instruktur/Pelatih/Narasumber            24.000.000    01.Honorarium Pelatih Kamling PBH 24 OK 1.000.000      24.000.000  5.1.2.16 Belanja Perjalanan Dinas            10.000.000    01. Transport Pelatihan PBH 2 Kali 5.000.000      10.000.000    JUMLAH (Rp)       120.745.000   
Modul # 4 :  Aplikasi Sistem Keuangan  Desa (SISKEUDES)   
26    
Bidang    : Bidang Pemberdayaan Masyarakat Kegiatan   : Kegiatan Pelatihan Kepala Desa dan Perangkat Waktu Pelaksanaan :  5 Hari Sumber Dana  : PAD Output/Keluaran  : Terselenggaranya pelatihan perangkat desa
KODE REK
Uraian  Sumber Dana
Vol Satuan
Harga Jumlah Satuan (Rp) 1 2 3 4 5 6  7 = 4 x 6  5 BELANJA DESA             88.500.000  5.1.2 Belanja Barang dan Jasa         88.500.000 5.1.2.02 Belanja Alat Tulis Kantor               1.700.000    01. Kertas Folio PAD 4 Rim  50.000        200.000   02. Buku Agenda PAD 20 buah 40.000 800.000  03. Ballpoin PAD 2 Lusin 100.000 200.000  04. Spidol Whiteboard PAD 10 buah 10.000 100.000  05. Kertas warna PAD 8 lembar 50.000 400.000 5.1.2.06 Belanja Fotocopy, Cetak dan Penggandaan              2.500.000    01. Fotopy Materi PAD 1 Ls  1.000.000        1.000.000   02. Cetak Spanduk PAD 1 Ls 1.500.000 1.500.000 5.1.2.07 Belanja Makanan dan Minuman Rapat            20.500.000    01. Nasi Kotak PAD 500 Buah 25.000      12.500.000   02. Snack PAD 500 Buah 15.000 7.500.000  03. Air Mineral PAD 20 Dus 25.000 500.000 5.1.2.09 Belanja Bahan Praktek dan Pelatihan            11.800.000    01.Bahan Praktek dan Pelatihan PAD 1 Kegiatan 11.800.000      11.800.000  5.1.2.11 Belanja Sewa Peralatan              2.000.000    01. Sewa Sound Sistem PAD 1 Ls    1.500.000        1.500.000   02. Sewa Proyektor PAD 1 Ls 500.000 500.000 5.1.2.15 Belanja Honorarium Instruktur/Pelatih/Narasumber            20.000.000    01.Honorarium Instruktur PAD 1 Kegiatan 20.000.000      20.000.000  5.1.2.16 Belanja Perjalanan Dinas            30.000.000    01. Transport dan Penginapan PAD 1 Kegiatan 30.000.000      30.000.000    JUMLAH (Rp)         88.500.000   
 
Modul # 4 :  Aplikasi Sistem Keuangan  Desa (SISKEUDES)   
27    
Bidang    : Bidang Pemberdayaan Masyarakat Kegiatan   : Kegiatan Pelatihan Kelompok Tani dan Nelayan Waktu Pelaksanaan :  1 Bulan Sumber Dana  : DDS Output/Keluaran  : Terbinanya Kelompok Tani dan Nelayan
KODE REK
Uraian  Sumber Dana
Vol Satuan
Harga Jumlah Satuan (Rp) 1 2 3 4 5 6  7 = 4 x 6  5 BELANJA DESA             63.500.000  5.1.2 Belanja Barang dan Jasa         63.500.000 5.1.2.02 Belanja Alat Tulis Kantor               1.500.000    01. Kertas Folio DDS 4 Rim  50.000        200.000   02. Buku Agenda DDS 20 buah 40.000 800.000  03. Ballpoin DDS 2 Lusin 100.000 200.000  04. Spidol Whiteboard DDS 10 buah 10.000 100.000  05. Kertas warna DDS 4 lembar 50.000 200.000 5.1.2.06 Belanja Fotocopy, Cetak dan Penggandaan              2.500.000    01. Fotocopy Materi DDS 1 Ls  500.000        500.000   02. Cetak Buku Praktek DDS 1 Ls 2.000.000 2.000.000 5.1.2.07 Belanja Makanan dan Minuman Rapat  &n

;

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

  Menu Kategori

  Statistik

 Agenda

Belum ada agenda

  Sinergi Program

 Pemerintah Desa

Back Next

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Wilayah Desa

 Peta Lokasi Kantor


Alamat : Jl. Sukamenak No. 9 Sayati Margahayu Bandung Jawa Barat 40228 Indonesia
Desa : Sayati
Kecamatan : Margahayu
Kabupaten : Bandung
Kodepos : 40228
Telepon :
Email :

  Statistik Pengunjung

  • Hari ini : 199
    Kemarin : 123
    Total Pengunjung : 269,238
    Sistem Operasi : Unknown Platform
    IP Address : 216.73.216.183
    Browser : Mozilla 5.0